Social Icons

Pages

Wednesday 5 June 2013

Mengenal Nasionalisme

1.      Apa arti nasionalisme?
Istilah nasionalisme sudah ada sejak jaman Yunani-Romawi. Istilah tersebut pada mulanya berasal dari bahasa Latin natio yang berasal dari kata nascor. Kata nascor berarti saya lahir. Waktu itu istilah natio tidak dikaitkan dengan pengertian politik atau ideologi. Pada masa kekuasaan Romawi istilah natiomempunyai konotasi yang kurang baik yaitu untuk mengolok-olok orang asing. Dan di abad pertengahan istilah nasion diidentikkan dengan kelompok pelajar/mahasiswa asing. Jadi sampai dengan akhir abad pertengahan istilah nation belum mempunyai makna ideologis.
Pada saat timbul revolusi Perancis istilah nation mempunyai muatan politis-ideologis sebagaimana tercermin dari penamaan parlemen Perancis assemblee nationale. Terjadi perubahan makna lembaga politik yang sebelumnya sangat ekslusif dan dikuasai golongan bangsawan dan agama menjadi egaliter, yaitu dilibatkannya semua lapisan masyarakat dengan mengacu pada istilah nation yang ditafsirkan sebagai bangsa sebagai penduduk resmi suatu negara. Munculnya konsep nation-state telah membawa perubahan pada administrasi negara secara modern, salah satu yang menonjol adalah mulai relatif permanennya batas wilayah suatu negara.

Perkembangan nasionalisme di Perancis sangat diwarnai oleh semangat revolusi Perancis yang bersemboyan liberty (kebebasan), egality (persamaan) dan fraternity (persaudaraan). Sejak saat itu konsep negara bangsa (nation-state) menjadi dominan di kawasan Eropa dan kemudian menyebar ke benua lain Karena yang berperan utama pada saat itu adalah kelompok borjuis maka nasionalisme sangat dipengaruhi oleh paham kebebasan.

No comments:

Post a Comment