Social Icons

Pages

Wednesday 5 June 2013

Siapakah Kelompok Borjuis Itu?

Kelompok borjuis golongan pengusaha yang suka melipat gandakan usahanya untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Mereka merupakan golongan orang-orang kaya. Kaum borjuis berhasil mendobrak tatanan feodal yang dikuasai oleh kaum agama dan bangsawan. Kepemilikan modal oleh mereka mampu menjadi alat yang efektif dalam meruntuhkan sendi-sendi ekonomi sistem feodal.
Tatanan politik yang hanya menguntungkan kaum bangsawan dan kaum agama ditentang.Mereka berusaha menggantinya dengan tatanan politik yang mengutamakan kebebasan. Mereka beranggapan hanya melalui kebebasan itulah kaum borjuis dapat berkembang secara maksimal. Etos kerja yang tinggi dan budaya hemat/suka menabung mampu menjadikan kaum borjuis mengembangkan tatanan demokrasi liberal yang menguntungkan kaumnya. Ternyata setelah berkuasa kaum borjuis hanya berusaha memperjuangkan kepentingan kelompoknya, sehingga jurang antara yang kaya dan miskin menjadi semakin lebar. Mereka suka melakukan monopoli.

Kaum feodal pada mulanya sangat anti terhadap ketidakadilan dan eksploitasi yang dilakukan oleh kaum feodal, namun sangat permisif terhadap proses eksploitasi yang dilakukan oleh kapitalisme. Tatanan imperialisme-kolonialisme selama menguntungkan kaumnya tidak akan ditentang, sehingga wajar kalau kolonialisme di Amerika ditentang sementara kolonialisme di wilayah lain, khususnya Asia-Afrika tidak ditentang. Di Indonesia kejadian tersebut terkenal dengan istilah Politik Pintu Terbuka. Sebuah proses eksploitasi yang memberi peluang pelbagai swasta asing untuk ikut terlibat dalam menanamkan modalnya di Indonesia.

No comments:

Post a Comment